Apa yang membuat Anda seringkali mengurungkan niat untuk berbelanja online ? apakah karena takut kena tipu barang tidak terkirim padahal sudah mentransfer sejumlah uang ? hmm itu adalah permasalahan klasik yang menghantui semua calon konsumen dalam belanja online . Fenomena belanja online di Indonesia tidak terlepas dari peran media sosial semacam Facebook atau twitter , banyak pelaku penjual online yang menjajakan produknya via sosial media tersebut . Anda tak sengaja menemukan barang unik di facebook lalu menghubungi pihak penjual , terjadilah aksi jual beli online , beginilah fenomena belanja online di Indonesia .


Berbeda dengan negara-negara maju seperti Amerika Serikat , Inggris , Jepang yang sudah mengimplementasikan belanja online dengan benar , yakni pembeli memilih barang di web store (toko online) lalu memproses tanpa bantuan penjual atau biasa kita sebut belanja add to chart karena mereka sudah tidak ragu untuk bertransaksi online . Baik penjual dan pembeli mengetahui hak dan kewajibannya sebagai pelaku jual beli online , kewajiban bagi penjual ialah mengirim barang ke pembeli , hak penjual menerima sejumlah pembayaran . Sedangkan untuk pembeli berhak menerima barang ia beli dan kewajibannya yakni membayar barang beserta ongkos kirim terlebih dahulu .
Nah , berikut ini adalah tips-tips belanja online terutama untuk Anda yang suka berbelanja online secara manual (via sms,bbm) untuk terhindar dari penipuan .

1.    Jangan Mencari Barang di Situs Jual Beli

Kalau anda sering belanja online , apakah sudah sesuai skema belanja online yang sebenarnya ? jangan-jangan selama ini anda mencari barang via situs jual beli semacam OLX ? jika iya , maka sebaiknya anda jangan lakukan kegiatan itu lagi karena disitulah sarang penipuan bersarang . Tidak semua penjual yang menjajakan barangnya di OLX itu penipu , aksi penipuan biasanya terjadi pada barang elektronik macam handphone , tv , laptop karena orang mudah tergiur dengan ketiga benda tersebut .

2.    Belilah di toko online

Apakah anda masih berpikiran semua orang yang mempunyai toko online itu penipu , atau jual beli online identik dengan penipu ? kayaknya pikiran Anda masih kolot , sekarang ini ranah online sudah menjadi tempat mencari nafkah buat sebagian orang (halal) . Tidak lagi untuk ajang penipuan seperti yang anda bayangkan . Orang membuat toko online misalnya lucumurah.com , biaya pembuatannya murah , tapi proses pemeliharaan dan pengoptimalan mesin pencarinya sama besarnya dengan toko biasa . Coba saja anda ketik apa saja di google.com , website-website yang ada dihalama pertama itulah yang biaya operasionalnya mahal karena bersaing dengan ratusan ribu hingga jutaan pesaing untuk memperebutkan posisi rangking 1 . Apakah anda masih ragu-ragu terhadapa toko online ?

3.    Gunakan REKBER jika masih ragu

Kalau anda masih ragu-ragu akan transaksi belanja online , sarana terbaik adalah dengan menggunakan jasa REKBER (Rekening Bersama) , jadi penjual tidak akan menerima pembayaran sebelum pembeli menerima barang . Beberapa jasa Rekber di Indonesia misalnya , Piggy Bank , Panda . Anda akan dikenai biaya administrasi dari total pembayaran yang dilakukan ke penjual , meskipun mengeluarkan uang lebih tapi proses yang anda lakukan sangat aman setidaknya meminimalisir rasa ragu-ragu . Kalau anda memang yakin bahwa penjual tidak menipu , ya silahkan saja transfer langsung .

4.    Minta bukti No RESI

Mungkin penjual sudah memberikan kolom testimonial di web storenya , namun anda masih tetap ragu-ragu untuk bertransaksi . Solusinya gampang , minta saja bukti no resi yang pernah ia kirimkan , jangan meminta no resi dalam bentuk gambar , melainkan dalam bentuk teks saja yang dikirim via SMS/BBM . Contoh no resi website lucumurah.com CGKUW01550075314 , no resi seperti itulah yang nantinya bisa anda gunakan untuk mengecek apakah penjual ini penipu atau bukan . Caranya mudah , anda tinggal ketikkan no resi tersebut di jne.co.id lalu akan muncul data-data .

5.    Jangan Beli Handphone / Laptop / TV bekas di Internet

Kalau anda memang tidak mau ketipu ya jangan beli barang bekas . 4 point diatas hanya berlaku jika barang yang anda beli seperti fashion , aksesoris , perawatan tubuh , peralatan rumah tangga seperti yang dijual di lucumurah.com . Kalau mau beli barang elektronik bekas ya di kota Anda sendiri saja , cari via radio atau pasar loak yang memang menyediakan produk seperti itu . Kalau anda masih ngeyel beli ponsel bekas via olx.co.id lalu anda ketipu jangan menebar fitnah bahwa penjual online semuanya penipu . Salahnya anda sendiri cari barang di tempat yang salah .
Itulah 5 tips belanja online di Indonesia yang masih menggunakan transaksi manual (order via SMS , transfer bank lokal) yang bisa dijadikan pelajaran untuk anda yang menggandrungi belanja online . Keputusan ada ditangan anda , telitilah sebelum membeli . Kalau anda ketipu di olx.co.id jangan membuat pernyataan “semua penjual online itu penipu” ya karena disitu bukan tempat belanja online !!! .