Masyarakat Indonesia sedang dihadapkan pada fenomena belanja online , akses internet yang bertumbuh semakin pesat membuat orang tidak hanya mengakses internet untuk kegiatan hiburan saja melainkan sudah beralih fungsi . Dan fungsi yang dimanfaatkan oleh sebagian orang adalah aktifitas jual beli secara online . Aktifitas ini meningkat seiring pertumbuhan media sosial yang terus tumbuh positif dan juga beberapa situs jual beli online yang kian gemar beriklan di media massa seperti TV dan radio .
Namun , permasalahan timbul pada keamanan dan kenyamanan aktifitas jual beli online . Mungkin yang mengkhawatirkan akan keamanan transaksi online sebagian besar terjadi pada pembeli . Apalagi jika pembeli yang baru pertama kali ingin mencoba belanja online , pasti bingung dan takut jadi satu . Karena tak jarang , aksi penipuan itu terjadi dan pembeli pun lengah tertipu . Untuk itu , perlu anda ketahui ciri penipuan belanja online , diantaranya :
1.    Penjual Gadget / barang elektronik bekas
Jika anda merasa membeli barang baru terutama gadget seperti handphone , tablet pc , tv sebaiknya jika ingin beli barang bekas tersebut utamakan dikonter-konter disekitar tempat tinggal anda . Jangan sekali-kali melirik iklan di situs jual beli listing sebut saja OLX.CO.ID karena disanalah sarang penipuan itu terjadi . Hampir 90% lebih , fenomena penipuan terjadi pada gadget bekas yang diiklankan pada situs jual beli listing . Meskipun situs menghimbau bahwa transaksi aman bertemu langsung dengan penjual namun aktifitas seperti ini juga kurang nyaman dan belum tentu aman dari penipuan .
2.    Penjual Gadget Black Market atau Kloningan
Anda tergiur dengan harga Samsung Galaxy S5 seharga 1.500.000 Rupiah ? hmm , kayaknya anda akan menjadi sasaran empuk para penjual gadget BM . Jangan tergiur barang murah , pakai logika anda . Harga Samsung Galaxy S5 masih dikisaran 7juta rupiah keatas , dan anda melihat barang serupa harga miring , bisa jadi itu penipuan baik penipuan uang maupun penipuan barang . Jangan beli gadget BM .
3.    Penjual tidak memiliki Situs Toko Online sendiri
Jangan pernah membeli kepada penjual yang tidak memiliki web store sendiri . Umumnya transaksi penipuan terjadi pada situs-situs jual beli semacam olx.co.id , grup-grup jual beli facebook , karena pelaku penipu dengan mudah memposting iklan yang menggiurkan dan hanya bersifat copy paste . Mereka umumnya jarang memiliki web store sendiri , karena jika punya bisa berakibat fatal pada aksinya . Namun , kepemilikan web store juga masih belum sepenuhnya aman dari penipuan , anda harus meminta beberapa nomor resi secara langsung untuk dicek di situs tracking paket .
Bagi anda yang masih ragu untuk berbelanja online , alangkah lebih baik coba tanyakan kepada teman anda yang sudah pernah melakukan transaksi online . Belanja online disini maksudnya anda transfer uang lalu barang dikirim , bukan fenomena mencari barang di internet lalu ketemuan di Taman Ragunan untuk mengambil barang . Bagi yang masih ragu-ragu , bisa memanfaatkan Rekening Bersama atau meminta kepada penjual untuk mengirim barangnya terlebih dahulu .