Belanja online merupakan sarana praktis bagi masyarakat perkotaan yang sibuk bekerja dan tidak mempunyai waktu untuk pergi ke Toko atau mall ataupun masyarakat di daerah yang sulit mendapatkan barang yang ingin dibeli karena di daerahnya tidak tersedia barang yang diinginkan .


Berbelanja online tidaklah harus mengunjungi website , banyak sarana yang bisa digunakan untuk melihat-lihat produk online semisal via facebook , grup bbm atau grup whatsapp . Nah , salah satu sosial media yang bisa digunakan untuk melihat lihat produk online ialah dengan Instagram .


Instagram merupakan saluran sosial media yang kini disukai para penjual online karena lebih simpel dan lebih efisien dibandingkan dengan sosial media lain seperti twitter ataupun facebook . Tren ini menjadikan para penggemar belanja online bisa bergembira karena dapat menemukan produk yang diinginkan hanya lewat instagram .


Namun , Anda tetap waspada apabila bertransaksi jual beli online di Instagram mengingat kejahatan online itu bisa mengancam siapa saja meskipun anda telah berhati-hati dalam bertransaksi . berikut tips belanja online di Instagram :


1.    Pilih Online shop memiliki jumlah follower lebih tinggi dari jumlah following


Meskipun trik ini bisa dimanipulasi oleh online shop nakal namun peluang mendapatkan jumlah follower lebih tinggi dari jumlah following membutuhkan waktu yang lama sehingga online shop nakal tidak bisa menirunya , kalaupun meniru itu cenderung follower fiktif . Kenapa harus memilih belanja online di online shop yang memiliki follower tinggi ? karena dengan memiliki follower tinggi dari jumlah following membuktikan bahwa online tersebut ada dan dapat dipertanggung jawabkan .


2.    Pilih Online shop yang memiliki Bio Lengkap


Tak ubahnya seperti website toko onlilne, online shop Instagram pun juga harus memiliki biografi singkat yang lengkap seperti kontak konsumen (No telp / Whatsapp / pin bb / Line@ / email) serta alamat lengkap . Kebanyakan online shop Instagram tidak menyebutkan kedua hal tersebut , hanya mencantumkan no whatsaap serta perkataan yang melemahkan online shop itu sendiri seperti “tidak menjawab pertanyaan via ig,no hit n run dsb” . Memilih online shop yang memiliki bio lengkap tentu akan memudahkan kita dalam berinteraksi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan .


3.    Pilih Online shop yang memposting bukti testimonial,transfer dll


Seringkali kita ragu hendak berbelanja online via Instagram karena online shop yang kita tuju hanya memposting produk-produk yang dijual saja , jarang atau bahkan tidak ada sama sekali postingan yang berupa testimonial dari pembeli ataupun tangkapan layar bukti transfer dari konsumen dsb . Bukti-bukti seperti testimonial , bukti transfer dari konsumen merupakan data untuk memperoleh kepercayaan dari konsumen .


4.    Pilihan metode pembayaran yang bervariasi


Meskipun online shop instagram yang anda idamkan memiliki 3 ciri seperti diatas , belum tentu jujur dalam bertransaksi . Oleh karena itu , mintalah kepada  penjual cara pembayaran apa saja yang ia berikan kepada konsumen apakah hanya menerima pembayaran via transfer bank , ataupun membuka rekening bersama untuk konsumen yang masih ragu atau juga pembayaran via kartu kredit . Dengan beragam cara pembayaran tentu anda akan yakin bahwa online tersebut memang kredibel serta dapat dipercaya .