Forum Jual Beli di Indonesia jumlahnya sangat banyak , sebut saja FJB Kaskus , FJB detikforum , FJB Kompas , Forum Jual Beli , jualbeliforum dan masih banyak lagi . Sayangnya forum jual beli ini kurang mendapatkan tanggapan positif dari calon konsumen , kalau dari segi penjual , banyak yang sudah tahu dan memanfaatkan forum jual beli sebagai media gratisan untuk memasarkan produknya , namun meskipun diposting dibanyak forum tapi tidak ada penjualan melalui forum jual beli . Apakah anda termasuk penjual yang getol memasarkan produk via FJB namun sepi pembeli ? jika iya , ketahuilah penyebab forum jual beli sepi , berikut penyebabnya :

  • Forum Jual Beli tidak terkenal

Forum jual beli baik itu dari forum yang jumlah membernya mencapai jutaan member tetap saja tidak terkenal secara luas . Sebut saja FJB Kaskus , yang kata orang terkenal namun pada kenyataannya hanya sebatas kenal saja tidak mengunjungi sub forum tersebut . Apalagi forum jual beli lainnya seperti detik , kompas fjb dsb tentu jauh lebih tak terkenal lagi . Forum jual beli tak ubahnya situs jual beli listing seperti olx , kenyataannya olx jauh lebih terkenal daripada fjb . Mungkin efek iklan di tv yang menjadi sebab , namun ada kelebihan tersendiri yang dimiliki situs jual beli listing daripada fjb .

  • Maraknya penipuan

Penipuan dalam aktifitas belanja online memang kerap terjadi , forum jual beli sekaliber fjb kaskus saja masih tetap menyimpan aksi penipuan setara dengan situs jual beli . Justru dengan kemudahan membuat lapak (thread) di fjb tersebut dimanfaatkan oknum penipu untuk membuat lapak dagangan dalam waktu singkat namun berjumlah banyak sehingga penipu tidak perlu menyundul atau memposting lapaknya agar berada di posisi teratas .

  • Merepotkan konsumen

Calon konsumen belum tentu akan membeli barang dalam waktu sekejap saja atau sekali lihat lapak langsung akan tertarik untuk membeli . Butuh waktu yang relatif bagi konsumen untuk membeli barang yang diinginkan . Sayangnya di forum jual beli , navigasi ataupun untuk pencarian produk yang sudah dilihat itu sulit kecuali dengan cara di-bookmark , apakah konsumen sempat untuk membookmark lapak ? jelas tidak , berbeda dengan situs jual beli listing yang menyediakan  fitur post terkait sehingga meskipun konsumen sudah melihat  iklan yang tayang 2 hari lalu bisa melihat lagi dengan cara mencari iklan terkait lalu dibawahnya akan ada post-posti yang berkaitan meskipun bersifat random . Sayangnya forum jual beli tidak menyediakan fitur tersebut , meskipun ada beberapa sebagian yang menyertakannya .

  • Kalah dengan situs belanja online

Situs belanja online disini seperti tokopedia , bukalapak (situs marketplace) ; lazada , zalora (web store besar) ; lucumurah.com (toko online perorangan) yang jauh lebih unggul daripada forum jual beli . Konsumen tinggal pilih situs mana yang cocok untuk disinggahi sebagai tempat berbelanja online , jika masih ragu-ragu bertransaksi bisa mencoba situs marketplace dengan jasa rekening bersama gratis , jika ingin beli barang mahal lebih dari 500 ribu rupiah dengan transaksi online bisa pilih web store besar bebas penipuan , jika ingin berbelanja online dengan transaksi manual (order via sms/bbm , transfer antarbank) bisa dilakukan di toko online perorangan . Nah , forum jual beli tidak punya fitur - fitur yang memudahkan dan membuat nyaman pembeli , yang ada fjb sama halnya dengan situs jual beli listing namun merepotkan baik kepada penjual atau pembeli .

sumber