Kita tahu bahwa sistem belanja online di Indonesia umumnya masih menggunakan tata cara konvensional dalam hal bertransaksi . Bukan CoD atau ketemuan , melainkan bagaimana caranya konsumen online membeli barang secara online . Order atau pembelian via manual transaksi yaitu dengan cara mengirim pesan via sms atau bbm atau pesan instan yang lainnya adalah cara favorit yang dilakukan oleh konsumen online di Indonesia .

kelemahan bbm untuk online shop

Seringkali konsumen menanyakan pin bb kepada penjual online , bagi online shop yang menggunakan aplikasi bbm tentu tidak masalah jika ditanya mengenai kepunyaan pin bb , lantas bagaimana jika tidak mempunyai ? konsumen bakal kabur . Tapi tahukah Anda kelemahan BBM untuk online shop ? meski banyak keuntungan yang didapatkan , bbm juga mempunyai sisi kelemahan yaitu :

  • BBM mengganggu

BBM mengganggu ? bagaimana bisa ? tentu bisa . BBM memiliki fitur broadcast atau disingkat bc , nah fitur ini yang kerap mengganggu para online shop yang menggunakan aplikasi bbm . Apalagi jika kontak bbmnya sangat banyak , tentu ponsel bisa berdering terus jika mendapat pesan siaran . Tak masalah kalau dari online shop juga , nah kalau cuma pesan "invite bc3456 siska cantik imut baik hati" pasti bikin kesal , bukan ?

  • BBM merepotkan

mungkin alasan inilah yang dijadikan dasar mengapa beberapa online shop tidak menyukai aplikasi bbm .  Bayangkan saja , jika ada orang tertarik dengan produk yang kita jual , mereka akan menghubungi kita entah via sms / bbm / whatsapp atau yang lainnya . Jika di toko online ataupun lapak fjb kaskus kita pasang pin bb , tentu mereka akan mengundang pin untuk diajak mengobrol . Undangan bbm dikirim ke kontak kita , lalu kita terima , terjadilah percakapan antara calon konsumen dan penjual , konsumen menanyakan ini itu , dan kita menjawab dengan detail . Lalu , setelah kita menjawab dengan jelas , konsumen kabur tanpa permisi dengan cara menghapus kontak . Sangat merepotkan bukan ? mau tanya saja kok ribet prosesnya , kan bisa menggunakan sms/whatsapp yang jauh lebih simpel .

  • hanya dijadikan daftar kontak

Alasan mengapa online shop tidak menyertakan pin bb mereka di toko online ataupun lapak fjb adalah tidak ingin kontaknya dipenuhi dengan orang-orang yang dianggap mengganggu . Seringkali online shop menyatakan pin tanya via sms adalah untuk membatasi jumlah undangan yang ia terima . Jika dipasang secara vulgar di web store seperti lucumurah.com , nanti akan ada undangan bbm baru tiap hari yang belum tentu orang yang mengundang tersebut tertarik dengan produk yang kita jual melainkan hanya untuk dijadikan tambahan daftar kontak mereka supaya kelihatan keren . Nah , orang-orang seperti ini seringkali mengirimkan pesan siaran yang tidak bermutu .

sumber http://onlinerumahan.blogspot.com/2014/10/untung-rugi-bbm-untuk-jualan-online.html